DARI DAPUR KE DUNIA MAYA: STRATEGI KOMUNIKASI MARKETING PADA BISNIS KULINER HALAL DI TIKTOK
Keywords:
TikTok, komunikasi pemasaran, kuliner halal, UMKM, strategi digitalAbstract
Perkembangan media sosial telah menghadirkan peluang baru dalam dunia pemasaran, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sektor kuliner. TikTok, sebagai salah satu platform media sosial yang tengah populer, menawarkan fitur-fitur unik yang memungkinkan pelaku bisnis untuk menjangkau audiens secara luas dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh pelaku bisnis kuliner halal di TikTok. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan studi literatur terhadap konten-konten kuliner halal di platform tersebut. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan storytelling, pemanfaatan tren, serta kolaborasi dengan kreator konten menjadi strategi utama yang efektif dalam membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan. Temuan ini menunjukkan pentingnya adaptasi strategi komunikasi yang sesuai dengan karakteristik media sosial untuk mengoptimalkan potensi pemasaran digital.
Downloads
References
1. Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.
2. Kaye, D. B. V., Chen, X., & Zeng, J. (2021). The co-evolution of two Chinese mobile short video apps: Parallel platformization of Douyin and TikTok. Mobile Media & Communication, 9(2), 229–253.
3. Mouwn Erland. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. https://doi.org/10.31237/osf.io/jhxuw%0A
4. Strategi Komunikasi Pemasaran Akun Haloca Beauty Melalui (2024).
5. Puspasari, N. A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Akun TikTok @Gramedia Dalam Meningkatkan Brand Awareness Firda. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 2(1), 1–8. https://journal.pubmedia.id/index.php/jbkd
6. Listiyani, F., Haque, M. G., & Nurochani, N. (2023). Pengaruh Content dan Review Marketing Tiktok Terhadap Keputusan Membeli Makanan Halal Gen Z: Studi di Wilayah Jakarta Selatan. Jurnal Ekonomi Efektif, 5(3), 494. https://doi.org/10.32493/jee.v5i3.29509
7. Ali Mutaufiq, C. D. H. (2024). ETIKA BISNIS E-COMMERCE DI TIKTOK DALAM
a. PERSPEKTIF MAQASHID SYARIAH (Studi Kasus Penjual Produk Halal). Juria: Jurnal Ekonomi Utama, 3(3), 396–403. https://jurnal.astinamandiri.com/index.php/juria%0AETIKA
8. NUGROHO, A. R. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DI TIKTOK UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM
a. (Studi Kasus Kazifa Snack Limpung). 1–105.
9. Gogali, V. A., Andriana, D., & Tsabit, M. (2022). Penggunaan KOLs Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Kanzler Di TikTok. Jurnal Media Penyiaran, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.31294/jmp.v2i2.1716
10. Isnaini, D. N. R. (2024). Analisis Strategi Branding melalui Konten Kreatif di Media Sosial Tiktok @ azawear. KONFERENSI MEDIA DAN KOMUNIKASI, 1–89.
11. Dewantoro, D. S. (2025). MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN ( Studi Kasus Pada Rumah Makan Mamake Purwokerto ). 1–118.
12. Syaulia, D. S. (2024). PENGARUH POLA KONSUMSI DAN HALAL AWARENESS TERHADAP PENERAPAN GAYA HIDUP HALAL (STUDI KASUS GENERASI Z DI BINTARO). 1, 1–179.