PENERAPAN KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH SEBAGAI STRATEGI ADAPTIF DALAM MEMBANGUN RESILIENSI EKONOMI UMAT MENGHADAPI VOLATILITAS PASAR GLOBAL

Authors

  • Sovia Fatimah Az-Zahra UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Praktik Bisnis yang Sesuai Syariah, Kepercayaan Konsumen, Pertumbuhan Pasar, Lembaga Keuangan Islam, Praktik Bisnis yang Etis

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan komunikasi bisnis Islam dalam membangun ketahanan ekonomi di antara masyarakat Muslim yang menghadapi volatilitas pasar global. Dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, Penelitian ini menganalisis bagaimana prinsip-prinsip komunikasi yang sesuai dengan syariah dapat meningkatkan stabilitas bisnis selama ketidakpastian ekonomi. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa komunikasi bisnis Islam, yang didasarkan pada prinsip-prinsip amanah (kepercayaan), transparansi, dan saling menguntungkan (maslaha), menyediakan kerangka kerja yang kuat untuk menjaga hubungan bisnis yang berkelanjutan. Perusahaan yang menerapkan strategi komunikasi berbasis syariah menunjukkan kemampuan beradaptasi dan kepercayaan pemangku kepentingan yang lebih unggul dibandingkan dengan pendekatan konvensional. Penelitian ini berkontribusi untuk memahami bagaimana prinsip-prinsip bisnis Islam berfungsi sebagai alat yang efektif untuk stabilitas ekonomi dalam kondisi pasar yang tidak stabil.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Antonio, M. S. (2001). Bank syariah: dari teori ke praktik. Jakarta: Gema Insani Press. Retrieved from https://repository.unaja.ac.id/default.aspx/browse/4050188/BankSyariahDariTeoriKePraktikMuhammadSyafiiAntonio.pdf

2. Ayub, M. (2007). Understanding Islamic finance. London: John Wiley & Sons. doi:10.1002/9781119209096. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/10.1002/9781119209096

3. Beekun, R. I. (1997). Islamic business ethics. Herndon, VA: International Institute of Islamic Thought. Retrieved from https://www.iiit.org/en/catalog/view/1095/islamic-business-ethics

4. Chapra, M. U. (2000). The future of economics: An Islamic perspective. Leicester: The Islamic Foundation. Retrieved from https://www.islamic-foundation.org.uk/publications/the-future-of-economics-an-islamic-perspective/

5. Iqbal, Z., & Mirakhor, A. (2011). An introduction to Islamic finance: Theory and practice (2nd ed.). Singapore: John Wiley & Sons. doi:10.1002/9781118390474. Retrieved from https://onlinelibrary.wiley.com/doi/book/10.1002/9781118390474

6. Krugman, P. (2009). The return of depression economics and the crisis of 2008. New York: W.W. Norton & Company. Retrieved from https://wwnorton.com/books/9780393071016

7. Suharto, U. (2018). Keuangan dan perbankan syariah: Teori dan aplikasi. Jurnal Ekonomi Islam, 9(1), 45-62. Retrieved from https://www.academia.edu/search?q=Suharto+keuangan+perbankan+syariah

8. 8.Widodo, H. (2019). Implementasi prinsip syariah dalam komunikasi bisnis modern. Indonesian Journal of Islamic Economics, 11(2), 123-145. Retrieved from https://e-journal.lp2m.uinjambi.ac.id/ojp/index.php/ijoieb/index

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check