STRATEGI KOMUNIKASI INTRAPERSONAL DALAM MEMBANGUN DAN MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN (STUDI KASUS ROTI BAKAR BANG GONDRONG)
Keywords:
Komunikasi Intrapersonal, Loyalitas Pelanggan, Usaha Mikro, Strategi Pelayanan, Roti Bakar Bang GondrongAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi intrapersonal yang diterapkan dalam upaya membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan di usaha mikro di sektor kuliner, dengan fokus khusus pada Roti Bakar Bang Gondrong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang melibatkan studi lapangan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilik usaha menerapkan komunikasi intrapersonal melalui refleksi diri, pengendalian emosi, dan pemikiran positif sebelum berinteraksi dengan pelanggan. Penerapan strategi ini memiliki dampak positif pada komunikasi interpersonal yang efektif, yang tercermin dalam sikap ramah, empati, keterbukaan, dan dukungan terhadap pelanggan. Temuan ini menunjukkan bahwa loyalitas pelanggan tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas produk, tetapi juga oleh kualitas komunikasi dan ikatan emosional yang terbentuk. Oleh karena itu, komunikasi intrapersonal dapat dianggap sebagai faktor kunci dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, terutama dalam konteks usaha mikro.
Downloads
References
1. Ahmad, B., Laha, M. S., Sosiologi, J., Ilmu, F., & Politik, I. (2020). KEMAMPUAN ANALISIS MASALAH ( STUDI KASUS PADA MAHASISWA SOSIOLOGI IISIP YAPIS BIAK ) IMPLEMENTATION OF FIELD STUDIES TO IMPROVE PROBLEM ANALYSIS ABILITY ( CASE STUDY IN THE STUDENT SOCIOLOGY IISIP YAPIS BIAK ). Jurnal Nalar Pendidikan, 63–72. Retrieved from https://www.neliti.com/publications/554548/implementation-of-field-studies-to-improve-problem-analysis-ability-case-study-i
2. Baskara, I. (2022). STRATEGI BISNIS USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM ) PADA ERA NEW NORMAL). 08.04 241-, 10. Retrieved from https://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-24557-11_2540.pdf
3. Elva Ronaning Roem Sarmiati. (n.d.). KOMUNIKASI INTERPERSONAL ELVA RONANING ROEM SARMIATI CV . IRDH (Cetakan Pe; C. I. Gunawan, ed.). Purwokerto: CV IRDH. Retrieved from http://repo.unand.ac.id/33793/1/Buku Monograf KOMUNIKASI INTERPERSONAL.pdf
4. Fatimah, Z. (2023). PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL FRONT OFFICE DALAM MENINGKATKAN PENGALAMAN TAMU DI ASIALINK HOTEL BY. 3(1), 19–24.
5. Herdiyanto, D., Pratama, Y. F., Fajrin, A. F., Putri, A. A., & Dwy, L. (2024). Pengaruh Kualitas Layanan , Penanganan Keluhan , Persepsi Harga , dan Komunikasi Interpersonal melalui Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. (Senastitan Iv), 1–8. Retrieved from https://ejurnal.itats.ac.id/senastitan/article/view/5458
6. Iii, B. A. B. (2021). METODOLOGI PENELITIAN. 4, 1–5.
7. Milanuari, W., Sekarwangi, D. M., Si, M., Itasari, A. A., Sos, S., Kom, M. I., … Politik, I. (2022). Komunikasi Interpersonal Barista Dalam Menciptakan Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Pada Barista Emercel Coffee Studio Surakarta ). 8 NO 2 (20(1), 16. Retrieved from https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/sldrts/article/view/11046
8. Murtisaputra, E., Alfi Hendri, & Betty Leindarita. (2024). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL KARYAWAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PADA CV. MAKMUR ABADI. 3(10), 2189–2196. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v3i10
9. Putra, B., Lukmana, A., & Maghfirah, N. (2024). Komunikasi Interpersonal di Salvator Barbershop untuk Loyalitas Pelanggan. (1), 104–116.
10. Rizkiya, D., & Hasbiyah, D. (2023). KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL MARKETING OFFICER DALAM INTERPERSONAL MARKETING OFFICER COMMUNICATION COMPETENCY TO. 9(April), 31–39.
11. Suhanti, I., & Noorrizki, R. (2020). Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. (April), 13. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/340885193_Keterampilan_Komunikasi_Interpersonal_Mahasiswa_UM
12. Wijayanti Meilda Lathiifah, Wati Lina, & Hardiyanti Rini. (2025). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Pelayanan Umkm (Survei Kecamatan Jatiuwung Kota Tangerang). 11(June), 295–305. Retrieved from https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/10571