STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN KONSUMEN PADA BISNIS SYARIAH DI ERA SOCIETY 5.0

Authors

  • Efi Fikriyati Taufiqy UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Hayfa Yoannanda UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Digital, Kepercayaan Konsumen, Bisnis Syariah, Society 5.0, Maqāṣid Al-Syarī‘Ah

Abstract

Era Society 5.0 menuntut integrasi antara teknologi digital dan nilai kemanusiaan, termasuk dalam praktik bisnis syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi komunikasi digital yang digunakan dalam membangun kepercayaan konsumen terhadap bisnis syariah di tengah transformasi digital. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif, mengkaji sumber-sumber ilmiah terindeks yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi komunikasi digital yang efektif dalam konteks syariah melibatkan tiga pilar utama: kepatuhan terhadap prinsip sharia compliance, penerapan komunikasi profetik (sidq, amanah, tabligh, dan fathonah), serta pemanfaatan teknologi digital secara etis dan inklusif. Kepercayaan konsumen terbentuk melalui dimensi religious trust, ethical trust, dan functional trust, yang semakin penting bagi konsumen Muslim milenial dan Gen Z. Meski teknologi seperti media sosial, e-WOM, dan chatbot dapat memperluas jangkauan komunikasi, tantangan seperti rendahnya literasi digital pelaku usaha syariah serta dominasi konten non-edukatif masih perlu diatasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi digital berbasis nilai Islam dapat menjadi fondasi kuat dalam menciptakan loyalitas konsumen serta mewujudkan bisnis syariah yang berkelanjutan dan penuh keberkahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Adelia, V. A., Suryanto, T., & Anggraeni, E. (2025). PERAN INDUSTRI KONTEN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM KOTA METRO DI ERA SOCIETY 5 . 0 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM PERAN INDUSTRI KONTEN DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA UMKM KOTA METRO DI ERA SOCIETY 5 . 0 DALAM. 13(1).

2. Azizah, S. N. (2024). Implementasi Digital Marketing sebagai Stategi Pemasaran Industri Pariwisata Halal Perspektif Maqashid Syariah. 3(2), 122–135.

3. Fazri, A., Faisal, M., & Maulina, P. (2022). Manajemen Islam dalam E-Commerce: Studi Tentang Strategi Komunikasi Profetik. Idarotuna, 4(2), 97. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v4i2.16853

4. Khairawati, S., Murtadlo, M. B., & Hadi, S. N. (2023). Dampak Sharia Compliance, Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Trend Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Milenial. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 1714. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7595

5. Majidah, S. (2022). Islamic Marketing in Era Society 5 . 0 Based on Maqashid As- Syariah Approach. 5(1), 13–24.

6. Nurul, H. (2022). Digital Marketing Era Society 5.0 Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Keislaman Terateks, 7 (2), 113–125.

7. Verawati, I., Hutagalung, M. A. K., Jl, A., Yos, K. L., Km, S., Mulia, T., Mulia, T., Deli, K. M., Medan, K., & Utara, S. (2025).

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check