PERAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM MEMBANGUN CITRA LAYANAN TRAVEL BTM DI ERA DIGITAL

Authors

  • Nayaka Alit Muhamad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Dzamar Yusuf Haidar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Era Digital, Citra Merek, Layanan Travel, Keterlibatan Pelanggan, BTM Travel

Abstract

Di era digital saat ini, komunikasi bisnis sangat penting untuk menentukan bagaimana bisnis yang berbasis layanan dilihat oleh publik. Artikel ini membahas bagaimana komunikasi bisnis berperan dalam membangun citra layanan BTM Travel, sebuah penyedia perjalanan lokal yang tengah menyesuaikan diri dengan persyaratan transformasi digital. Seiring meningkatnya persaingan di industri travel, perusahaan dituntut untuk tidak hanya memberikan layanan berkualitas tinggi tetapi juga mampu berkomunikasi dengan pasar sasaran mereka dengan baik. BTM Travel memanfaatkan berbagai saluran digital seperti layanan pelanggan online, email pemasaran, media sosial, dan situs web untuk mempertahankan keterlibatan pelanggan dan mempromosikan layanannya secara profesional. Menurut penelitian ini, komunikasi yang strategis dan persuasif dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, meningkatkan kredibilitas merek, dan menciptakan reputasi yang baik di mata publik. Hasilnya menunjukkan bahwa penyedia jasa perjalanan harus memprioritaskan komunikasi yang jelas, responsif, dan berfokus pada pelanggan di semua platform digital untuk tetap relevan dan kompetitif. Pada akhirnya, komunikasi bisnis adalah bagian penting dari membangun dan mempertahankan citra BTM Travel di dunia digital, bukan hanya fungsi pendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Karim, A. B. (n.d.). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa di Hanni Pratama Trans. In BIMA : Journal of Business and Innovation Management (Vol. 4). https://ejournal.feunhasy.ac.id/bima

2. Wulan Nurvita, F., & Anggraeni, R. (n.d.). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan: Studi pada PT. Global Jet Express (J&T Express) Kediri.

3. Lumempow, C. S., Mangindaan, J. v, Walangitan Program Studi Adminstrasi Bisnis, O. F., & Ilmu Administrasi, J. (2022). Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terhadap Citra Perusahaan PT. GOJEK Manado (Vol. 3, Issue 2).

4. Nabilla Ainun Nadhiyyah, Ersa Dina Fitaloka, & Mila Hariani. (2024). Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Citra Destinasi Terhadap Kunjungan Ulang Ke Atlantis Land Surabaya. Lokawati : Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 2(4), 187–203. https://doi.org/10.61132/lokawati.v2i4.1029

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check