INTEGRATION OF ISLAMIC BUSINESS ETHICS IN MODERN MANAGEMENT: PRINCIPLES AND IMPLEMENTATION

Authors

  • Muhammad Nizar Irham UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Hizib Quba Akbar UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Halabi Muzaini UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Etika Bisnis Islam, Manajemen, Kewirausahaan, Nilai Qur’ani, Tauhid

Abstract

Etika dalam bisnis Islam bukan sekadar pedoman moral, melainkan merupakan fondasi spiritual dan sosial dalam mengelola aktivitas ekonomi. Dengan semakin kompleksnya dunia usaha, prinsip-prinsip Islam seperti tauhid, keseimbangan, tanggung jawab, dan ihsan menjadi sangat relevan dalam menciptakan sistem manajemen yang adil dan berkelanjutan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi prinsip etika Islam dalam praktik bisnis kontemporer serta menganalisis keterkaitannya dengan kewirausahaan berbasis nilai-nilai Qur’ani sebagaimana ditafsirkan oleh para ulama, khususnya Hamka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dari tiga sumber utama. Ditemukan bahwa prinsip-prinsip etika bisnis Islam tidak hanya menciptakan keseimbangan ekonomi, namun juga membentuk karakter pelaku usaha yang bertanggung jawab dan berorientasi pada keberkahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Aisyah Ananda Sholehah.,Gita Lintang Samudra.,Ratna Dewita Vol.1 No.4 (2023). Manajemen Dalam Bisnis Berdasarkan Prinsip-Prinsip Etika Islam.Retrieved from https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/article/view/698

2. Norvadewi.(2015).Bisnis Dalam Perspektif Islam (Telaah Konsep,Prinsip dan Landasan Normatif). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/141373-ID-bisnis-dalam-perspektif-islam-telaah-kon.pdf

3. T,M.Rizal. (2019).Prinsip-Prinsip Kewirausahaan Menurut Al-Qur’an (Studi Terhadap Tafsir Al-Azhar Karya Hamka). Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49031/

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check