PERAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM KEPEMIMPINAN ETIS UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM SYARIAH DI ERA KETIDAKPASTIAN GLOBAL

Authors

  • Rayhan Abil Wathon UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Dzaky Zharif UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Bisnis, Kepemimpinan Etis, UMKM Syariah, Daya Saing, Ketidakpastian Global

Abstract

Artikel ini membahas peran komunikasi bisnis dalam kepemimpinan etis untuk meningkatkan daya saing UMKM Syariah di era ketidakpastian global. Komunikasi bisnis dalam UMKM Syariah tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampaian informasi, tetapi juga sebagai media untuk menegakkan nilai-nilai etika Islam seperti kejujuran, amanah, tabligh, dan fathanah. Kepemimpinan etis yang berlandaskan prinsip-prinsip Islam menjadi faktor penting dalam menciptakan budaya kerja yang sehat, membangun kepercayaan, serta mendorong kolaborasi dan inovasi dalam organisasi UMKM. Sinergi antara komunikasi bisnis yang etis dan kepemimpinan yang berkarakter kuat ini diyakini mampu meningkatkan daya saing UMKM Syariah di tengah tantangan global yang penuh ketidakpastian. Studi ini menggunakan metode library research dengan mengkaji literatur yang relevan sebagai dasar analisis dan pembahasan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Febi Safitri, J. P. (2024). TREN PERDAGANGAN INTERNASIONAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP NERACA PERDAGANGAN INDONESIA. (EKSYA) Jurnal Program Studi Ekonomi Syariah STAIN Madina, 5(1). http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

2. Firman. (2020). ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN UMKM HALAL DALAM ERA PASAR NASIONAL. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 105–130.

3. Hastika, B. (2022). Peran Umkm Dalam Prespektif Ekonomi Islam (Usaha Warung Terapung Desa Pao Kecamatan Malangke Barat). Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN PALOPO.

4. Haya, S. A., Islam, U., Siber, N., & Nurjati, S. (2025). Finotec : Journal of Islamic Finance and Economics Peluang dan Tantangan Implementasi Teknologi Informasi dalam Bisnis Syariah. 2, 151–164.

5. KumparanNEWS. (2024). Strategi Bisnis UMKM Bertahan di Tengah Ketidakpastian Ekonomi _ kumparan. Kumparan News.

6. Muizzul Hidayat, Salman Alfarisi, J. H. (2024). Strategi UMKM untuk Berdaya Saing dalam Ekosistem Ekonomi Syariah. Indonesian Research Journal on Education, 4, 550–558.

7. Na’im, Z. (2022). Etika Kepemimpinan Dalam Perspektif Islam Dan Korelasinya Terhadap Kinerja. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 195–210. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.972

8. Nabhani, A. (n.d.). Bangun Komunikasi Bisnis Syariah _ Neraca. Harian Ekonomi NERACA.

9. Salsabila, S. A., & Rialdy, N. (2024). PENERAPAN ETIKA BISNIS SYARIAH DALAM BISNIS UMKM ( STUDI KASUS ROEMAH BURGER BAGAN DELI ) pihak lain terhadap sesuatu yang diperjual-belikan karena tingginya rasa percaya dari. 1(2), 85–95.

10. Syahrul, H., & Wahyuni. (2023). Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Pengelolaan Koperasi Syariah. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Manajemen, 47(4), 124–134.

11. Thalia, A., Putri, N., & Yustati, H. (2024). Peran Ekonomi Syariah dalam Pengelolaan UMKM Berbasis Media Sosial. 2(6).

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check