STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN DALAM BISNIS HALAL

Authors

  • Saepul Milah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhamad Lutfi Shihabudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Strategi Komunikasi Digital, Bisnis Halal, Kepercayaan Konsumen, Media Sosial, Interaksi Digital

Abstract

Strategi komunikasi digital memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan konsumen, khususnya dalam bisnis halal yang memiliki basis nilai etika dan kepercayaan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi komunikasi digital yang efektif dalam membangun dan mempertahankan kepercayaan konsumen terhadap merek halal. Pendekatan yang dilakukan mencakup analisis literatur dan studi kasus dari berbagai bisnis halal yang sukses di era digital ini. Strategi yang diidentifikasi meliputi transparansi informasi produk melalui media sosial, penggunaan sertifikasi halal resmi sebagai elemen promosi, interaksi aktif dengan konsumen melalui platform digital, serta pemanfaatan influencer halal untuk memperkuat citra merek. Selain itu, teknologi seperti blockchain dapat dimanfaatkan untuk memastikan keterlacakan rantai pasok dan keaslian produk halal. Hasilnya menunjukkan bahwa penerapan strategi komunikasi yang konsisten, relevan, dan berbasis nilai dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan memperluas jangkauan pasar bisnis halal. Strategi komunikasi digital yang terencana dengan baik menjadi kunci untuk mengoptimalkan kepercayaan konsumen dalam ekosistem bisnis halal yang kompetitif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Nadia Aprilia I, Bambang Permadani, Faiz Aqila Izuri Atanta Berampu, Suci Andini Kesuma, Media Sosial Sebagai Penunjung Komunikasi Bisnis Di Era Digital/UTILITY:Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi/Volume 7, No. 2, Agustus 2023: Page 64-74 ISSN 2549-1377 (print) ISSN 2549-1385 (online) Available online at/Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

2. Naila Khotimatul Husna, Iva Khoiril Mala, Sutantri, Strategi Pemasara Konten Dalam Meningkatkan Interaksi Konsumen Di Media Sosial/Jurnal Ekonomika Manajemen, Akuntansi dan Perbankan Syari’ah Vol. 12 No 2. e-ISSN: 258081XX; p-ISSN: 252763X/Universitas Islam Tribakti, Indonesia.

3. Muhammad Alib Hafid, A’rasy Fahrullah, Peran Media Sosial Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pesefektif Mananjemen Bisnis Syari’ah Di Eventsurabaya/Jurnal Syarikah P-ISSN 2442-4420e-ISSN 2528-6935 Volume 9 Nomor 1, Juni 2023/Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya Kampus Ketintang. Surabaya 60231.

4. Romandi, R., Fakih, Z.K., & Kholilurrohman, K. (2024). Perancangan Strategi Pemasaran Usaha di Era Digital: Perspektif Al-Qur’an. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(12), 5014-5035.

5. WENI. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial.

6. Chandra, W. (2021). Loyalitas Pelanggan Terhadap Merek Toko Islami.

7. Hasballah, I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dalam Perspektif Islam Terhadap Volume Penjualan di Toko Gia Toys Grong-Grong Pidie. Ammena Journal, 1(3), 331-339.

8. Taufiq., E. P. Lestari. (2024). Pengaruh Branding Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Produk Halal. Qusqazah; Jurnal Ekonomi Syariah. Vol 3 No 1. Page 1-11. E-ISSN: 2722-6166.

9. Retiwi., R. A. Anggriani., W. A. Mawati., Z. Hasan. (2024). Pengaruh Kepercayaan Konsumen Dan Transparansi Transaksi Dalam Jual Beli Syariah Terhadap Kepuasan Pelanggan. MUSYTARI: Neraca Manajemen, Ekonomi. Vol 5 No 9. ISSN: 3025-9495.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check