PERAN KOMUNIKASI BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN: STUDI KASUS INDOMARET MAJALAYA

Authors

  • Fajar Munazat UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Krisna Mochamad Rasyid UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Praktik Bisnis yang Sesuai Syariah, Kepercayaan Konsumen, Pertumbuhan Pasar, Lembaga Keuangan Islam, Praktik Bisnis yang Etis.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran komunikasi bisnis dalam meningkatkan minat beli konsumen di Indomaret Majalaya. Strategi komunikasi yang efektif adalah kunci untuk menangani meningkatnya persaingan dari pasar kopetitif untuk menarik perhatian dan membangung loyalitas konsumen di Indomaret Majalaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam pendekatan studi lapangan dan studi literatur. Data yang diterima dari berbagai sumber yang kredibel dan wawancara dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi menggunkan kontribusi positif untuk menigkatkan minat konsumen. komunikasi lansung, kejelasan berita dan konsistensi, dan menggunakan media promosi visual. Selain itu, peran karyawan sebagai pemberi informasi juga memperkuat hubngan antara perusahaan dengan pelanggan. Namun demikian, tantangan dalam memastikan konsistensi informasi antara karyawan dan konsumen yang kurang responsif terhadap media promosi tetap bermasalah. Oleh karena itu, pelatihan internal dan pendekatan komunikasi pribadi disarankan untuk mengatasi permasalahan ini. Realisasai ini menegaskan bahwa komunikasi bisnis yang tepat tidak hanya mendukung layanan, tetapi juga memainkan peran strategis dalam merancang citra perusahaan, meningkatkan daya saing di pasar ritel.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Ardani, W. (2022). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Perilaku Konsumen. Jurnal Tadbir Peradaban, 2(1), 40–47. https://doi.org/10.55182/jtp.v2i1.102

2. Ardi Rizki Riyanto, S. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Indomaret Kuala Tungkal Dalam Meningkatkan Citra Positif Di Masyarakat. At-Tadabbur : Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, e-ISSN: 2338-8889, 10(Desember), 1–19.

3. Buulolo, Y. H. (2022). Pengaruh Komunikasi Bisnis Dan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ud. Suang Kecamatan Lahusa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Nias Selatan, 5(2), 18–32.

4. Fauziyah, D. A. (2023). Peran Karyawan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Di Coffeeshop Janji Jiwa Kota Kendari. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(24), 1–23.

5. Puspita, R. (2016). Pengertian Kelompok. Komunikasi Dalam Komunikasi Kelompok, 4, 81–90. http://journal.uad.ac.id/index.php/CHANNEL/article/view/4208

6. Rizqi, R. M. (2021). Dampak Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian di Kota Sumbawa Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Sumbawa Apsara Beton. Journal of Accounting, Finance and Auditing, 3(1), 66–86.

7. Sulistyo, A. B., Rafauzi, I., & Wijaya, H. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Indomaret dengan Metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Media Teknik Dan Sistem Industri, 6(2), 95. https://doi.org/10.35194/jmtsi.v6i2.1938

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check