PERSEPSI KONSUMEN MUSLIM TERHADAP KONSUMSI PEMASARAN HALAL BANK SYARIAH INDONESIA (BSI)

Authors

  • Nurul Suci Ramadhani UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Syifa Yumi Adhali UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Pemasaran Halal, Persepsi Konsumen, Bank Syariah, BSI, Pemasaran Islami

Abstract

Berkomunikasi sesuai dengan prinsip-prinsip Islam sangat penting untuk membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen Muslim, di sektor perbankan syariah yang terus berkambang di Indonesia. Sebagai bank syariah terbesar di Indonesia, Bank Syariah Indonesia (BSI) sevara konsisten mengembangkan dan mengimplementasikan strategi pemasaran halal dengan tujuan untuk emmenuhi kebutuhan konsumen Muslim secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana persepsi konsumen Muslim terhadap praktik komunikasi halal yang yang digunakan oleh BSI, dengan penekanan pada bagaimana pesan-pesan yang disampaikan tidak melanggar prinsip- prinsip syariah dan merusak tingkat kepercayaan dan loyalitas di antara para Nasabah. Metode yang digunakan adalah studi literatur komprehensif yang melibatkan analisis terhadap beberapa jrnal akademis, laporan industri, dan artikel terkait yang diterbitkan selama 10 tahun terakhir. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BSI sering kali mendapat tanggapan positif dari edukasi yang jujur, dan tingkat kepercayaan yang tinggi. Namun, penelitian juga mengidentifikasi adamya penyimpagan yang signifikan, terutama terkait dengan konsistensi pesan dan infromasi produk yang terkadanf kurang ideal. Hal ini menyoroti perlunya komunikasi pemasaran yang tidak hanya bersifat visual dan emosional, namun juga perlu dipandu oleh prinsip-prinsip dan hukum-hukum Islam untuk meningkatkan efektivitas komunikasi dan memperkuat posisi bank syariah di pasar. Studi ini memberikan kontribuso yang signifikan terhadap pemgembangan strategi komunikasi halal yang lebih efektif dan komprehensif di sektor keuangan syariah Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Rambe, J. H. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Bank Syariah Indonesia dengan Nasabah Non Muslim: Pendekatan Integrated Marketing Communication (Studi Kasus: BSI KCP Cemara Asri). Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 1(4), 424-429.

2. KROYA, K. C., & SEPTIANI, M. A. PENGARUH BRAND IMAGE, PRODUCT QUALITY, SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK TABUNGAN EASY WADIAH DI BANK SYARIAH INDONESIA.

3. Karia, K. (2021). Implementation of Sharia Bank Integrated Marketing Communication in Increasing the Number of Customers. Journal Of Institution And Sharia Finance, 4(1), 39-46.

4. Fariha, F. (2021). Strategi komunikasi pemasaran produk Bank Syariah Indonesia dengan nasabah non muslim: Pendekatan integrated marketing communication (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).Affandy, M. D. A., & Nasution, H. S. (2024). Strategi Komunikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Di PT. BSI KCP Kota Tebing Tinggi. At-Tadzkir: Jurnal Penelitian dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 21-29.

5. Mumtahaen, I. (2024). Analisis pemasaran syariah dalam produk halal di Indonesia. MASHLAHAH, 3(1), 9-19.Affandy, M. D. A., & Nasution, H. S. (2024). Strategi Komunikasi Bank Syariah Indonesia (BSI) Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Di PT. BSI KCP Kota Tebing Tinggi. At-Tadzkir: Jurnal Penelitian dan Ilmu Komunikasi, 1(2), 21-29.

6. Ikhsan, M. B. (2023). Implementasi strategi komunikasi pemasaran pada nasabah non Muslim PT Bank Syariah Indonesia KC Denpasar Bali (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

7. Fataron, Z. A. (2021). Hubungan Islamic Marketing Ethics Dan Customer Satisfaction Pada Perbankan Syariah. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 9(1), 87.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check