STRATEGI KOMUNIKASI PT ID FOOD DALAM MENDUKUNG KETAHANAN PANGAN DAN PENGEMBANGAN EKONOMI SYARIAH DI INDONESIA

Authors

  • Fikram Rasyad UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Fuhamad Shofwan Faza UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Strategi Komunikasi, Ketahanan Pangan, Ekonomi Syariah, PT ID FOOD, Pencegahan Stunting

Abstract

Studi ini menganalisis bagaimana PT ID FOOD telah menerapkan strategi komunikasi yang efektif untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan berkontribusi pada pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode observasional untuk mengkaji pendekatan komunikasi perusahaan dalam mendistribusikan 8,6 juta paket bantuan pangan untuk pencegahan stunting pada tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi terstruktur PT ID FOOD berhasil menjangkau 1,4 juta keluarga berisiko di tujuh provinsi, menunjukkan keselarasan yang jelas dengan prinsip-prinsip ekonomi syariah terkait keadilan sosial dan keberlanjutan. Kerangka kerja komunikasi perusahaan mencakup keterlibatan pemangku kepentingan, pesan yang ditargetkan, dan distribusi multi-saluran yang secara efektif mendukung tujuan ketahanan pangan pemerintah. Studi ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi PT ID FOOD mewakili model keberhasilan tanggung jawab sosial perusahaan dalam kerangka ekonomi syariah, berkontribusi signifikan terhadap agenda ketahanan pangan Indonesia sambil mempromosikan pertumbuhan ekonomi inklusif. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman bagaimana strategi komunikasi dapat menjembatani tujuan korporasi dengan tujuan pembangunan nasional, khususnya dalam konteks prinsip-prinsip ekonomi syariah dan inisiatif ketahanan pangan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Bank Indonesia. 2020. Bi-2019-Sharia-Economy-and-Finance-Report-2019. Jakarta.

2. COMMUNICATIONS STRATEGY. 2020. “Communications_Strategy.”

3. Eko Purwanto, Umar Farisal, Mirza Shahreza, and Ade Rahmah. 2025. “Model Komunikasi Pembangunan Dalam Penguatan Ketahanan Pangan Berkelanjutan Di Pedesaan.”

4. Ketahanan, Dan, Pangan Diy, Dalam Mensosialisasikan Gerakan, Selamatkan Pangan, and Annisa Shafira. 2024. “STRATEGI KOMUNIKASI KEHUMASAN DINAS PERTANIAN.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi 9(3):671–85. doi:10.52423/jikuho.v9i3.246.

5. Komunikasi Perusahaan. 2025.“ID FOOD Perkuat Strategi Kinerja 2025.”

6. Nasution, Riska Amelia, and Kamilah K. 2025. “Evaluasi Efektivitas Lembaga Keuangan Syariah Dalam Mendukung Ketahanan Pangan Di Indonesia.” Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced 3(1):80–89. doi:10.61579/future.v3i1.348.

7. Yudistira, Hilza, Bagus Cahyo, Shah Adhi Pradana, and Mohammad Insan Romadhan. 2023. “Strategi Komunikasi Garda Pangan Dalam Menarik Minat Masyarakat Menjadi Relawan Pangan.” Jurnal PIKMA: Publikasi Media Dan Cinema 5(2):347–54.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check