KOMUNIKASI BISNIS SYARIAH SEBAGAI SARANA DAKWAH EKONOMI ISLAM
Keywords:
Dakwah Islam, Komunikasi Bisnis Syariah, Ekonomi Islam, Etika Bisnis Islam, Strategi Dakwah, Media Dakwah Digital, Prinsip-prinsip Syariah, Peran Dakwah dalam Bisnis, Dakwah Ekonomi Islam, Praktik Bisnis Berbasis Nilai Islam.Abstract
Artikel ini membahas peran komunikasi dalam bisnis syariah sebagai sarana dakwah ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan mengkaji bagaimana prinsip-prinsip syariah diterapkan dalam aktivitas bisnis dan bagaimana hal tersebut dapat berfungsi sebagai media penyebaran nilai-nilai Islam kepada masyarakat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan studi literatur, menganalisis hubungan antara komunikasi bisnis syariah dan dakwah ekonomi Islam. Hasilnya menunjukkan bahwa implementasi prinsip etika dan transparansi dalam bisnis syariah tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan keberlanjutan usaha, tetapi juga berperan sebagai bentuk dakwah yang efektif. Rasulullah Saw sebagai contoh menunjukkan bahwa bisnis harus berlandaskan nilai moral dan strategi dakwah yang tepat agar dapat menciptakan masyarakat yang berkeadilan dan berakhlak. Oleh karena itu, penguatan komunikasi dalam bisnis syariah menjadi kunci dalam menyalurkan pesan-pesan Islam secara luas dan mendalam, sekaligus memperkuat sinergi antara aspek ekonomi dan dakwah dalam kerangka syariat Islam.
Downloads
References
1. Arianti, D., & Muhammad, H. (2021). ETIKA KOMUNIKASI BISNIS ONLINE DI ERA NEW NORMAL PERSPEKTIF HUKUM BISNIS ISLAM Dewi Arianti, Hawari Muhammad. As-Salam, 47–64.
2. Azzahra, M., Saputri, W. L., Mawarni, I., & Annisa, L. (2025). STUDI KELAYAKAN BISNIS DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. April, 7869–7873.
3. Fauzi, F. N., & Indah, E. O. (2021). Kontribusi Ilmu Komunikasi Pada Ilmu Dakwah. Ath Thariq Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 5(1), 71. https://doi.org/10.32332/ath_thariq.v5i1.2998
4. Hamdan, M. A. (2014). Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Dan Perubahan Sosial Dalam Dakwah. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(2), 17–34. journal.stainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/506/494%0Aoleh N Ahmad - Artikel terkait
5. Hidayatullah, M. S. (2020). Dakwah Digital Menggunakan Media Instagram (Kajian Ekonomi Islam pada Akun@ ruanghalal). … -Nuha: Jurnal Kajian Islam, Pendidikan …, 7(2). http://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/view/346%0Ahttp://ejournal.staimadiun.ac.id/index.php/annuha/article/download/346/157
6. Khatimah, H., & Bay, K. A. (2025). Strategi Dakwah Nabi Muhammad Shallallahu ‘ Alaihi Wasallam Melalui Wirausaha. 2(1), 85–98.
7. Kurniawan, husnul hatimah rahmad. (n.d.). atau car a ber pikir nya ber ubah,. 1–11.
8. Manajemen, J. R., Ekonomi, A., Pada, K., Pendidikan, D., & Cirebon, K. (2023). Jurnal Riset Manajemen , Bisnis , Akuntansi dan Ekonomi. 2(1), 51–82.
9. Muhaemin, E. (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, 11(2), 341–356. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i2.1906
10. Rakhma, M. T. (2022). Etika Komunikasi Bisnis Dalam Perspektif Islam. ORASI: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 13(1), 20. https://doi.org/10.24235/orasi.v13i1.9357