INFLUENCER SYARIAH: PERAN KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PROMOSI BISNIS HALAL

Authors

  • Muhamad Fajar Fathurohman UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Muhammad Arifin Ilham UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Yuda Yudistira UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Influencer syariah, komunikasi digital, bisnis halal, pemasaran digital, media sosial.

Abstract

Dizaman yang serba mudah dan instan ini, penggunaan teknologi manjadi kebutuhan yang mendasar bagi khalayak umum saat ini. Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang baru dalam promosi bisnis halal, salah satunya melalui kehadiran influencer syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi digital dalam mendorong pertumbuhan bisnis halal melalui konten yang disampaikan oleh influencer syariah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan analisis konten dari media sosial seperti Instagram, YouTube, dan TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa influencer syariah berperan penting dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang produk dan layanan halal, membangun kepercayaan konsumen, serta memperluas pasar bisnis halal secara efektif. Komunikasi digital yang dilakukan oleh influencer syariah tidak hanya bersifat informatif tetapi juga persuasif, memanfaatkan nilai-nilai Islam untuk menarik minat audiens. Dengan demikian, kolaborasi antara bisnis halal dan influencer syariah dapat menjadi strategi pemasaran yang potensial di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Al., Magableh et, ‘Maximizing the Potential of Halal Business in the Digital Era.’, Digital Halal Entrepreneurship:, no. Proceedings of the 4th International Conference on Economics, Management, and Accounting (2020)

2. Al., Rihfenti Ernayani et, Dasar-Dasar Ekonomi Syariah ((CV Rey Media Grafika), 2024)

3. Doi, Article, ‘P-ISSN 2615-4293 e-ISSN 2723-7567’, 6.2, pp. 196–214

4. Fathiyyah, Dewi Fatihatun, and others, ‘MENINGKATKAN MINAT GENERASI Z’, 11.1 (2025), pp. 1–11

5. Haikal, Fikry, and others, ‘PERAN INFLUENCER MARKETING DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK DI E-COMMERCE’, 3.1 (2025), pp. 275–87

6. Influencer, Pengaruh, and others, ‘PADA PEMASARAN PARIWISATA ( STUDI KASUS EXPLORE NUSA PENIDA )’, 2020

7. Istiqomah, Nur Hidayatul, ‘Penggunaan Media Sosial Dalam Pemasaran Ekonomi Syariah : Analisis Tentang Studi Literatur Tentang Tren Dan Dampaknya’, 4.1 (2023), pp. 77–92

8. Lestari, Ilma Winda, and Abdur Rohman, ‘The Role of Influencers in Promoting Halal Products on Purchase Intention: Instagram Social Media Peran Influencer Dalam Mempromosikan Produk Halal Terhadap Purchase Intention : Media Sosial Instagram’, 9.2 (2024), pp. 296–311, doi:10.31538/adlh.v9i2.6277

9. MUHAMMAD FARID JUNDILLAH, ‘Peran Influencer Muslim Dalam Upaya Peningkatan Penjualan’, 2021

10. Nining, M. H., ‘Nining, M. H. (2022). Pengaruh Content Marketing Dan Influencer Perbankan Syariah Terhadap Purchase Intention Generasi Milenial Dengan Viral Marketing Sebagai Variable Intervening (Doctoral Dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).’, 2022

11. Risma Haris et al, ‘Digitalpreneur Berwawasan Lingkungan’, Get Press Indonesia, 2023

12. Uyuni, Badrah, Muhibudin Muhibudin, and Kholis Kohari, ‘PENGGUNAAN INFLUENCER DI MEDIA SOSIAL UNTUK MEMPROMOSIKAN EKONOMI SYARIAH’, El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 8.1 (2024), pp. 75–96, doi:10.34005/elarbah.v8i1.3691

13. Watie, E. D. S., ‘Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).’, The Messenger, 3(2) (2011), pp. 69–74

14. Widiatmojo, Satrio, and Moch Mukhsin, ‘Pengaruh Pemasaran Konten Dan Influencer Terhadap Minat Beli Produk Keuangan Syariah Dengan Pemasaran Viral Sebagai Variabel Intervening’, 4.6 (2024), pp. 8048–63

15. Widodo, Andeka, and others, ‘Analisis Keefektifan Kerjasama Dengan Influencer Dalam Komunikasi Pemasaran Berdasarkan Perspektif Electronic Word of Mouth ( EWOM )’, 9.2 (2024), pp. 128–45

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check