KOMUNIKASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN REPUTASI BISNIS HALAL

Authors

  • M. Haekallutfi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia
  • Hessa Armen UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia , Indonesia

Keywords:

Komunikasi Syariah, Reputasi Bisnis, Bisnis Halal, Etika Islam, Loyalitas Konsumen.

Abstract

Dalam era meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap produk dan layanan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah, reputasi bisnis halal menjadi salah satu elemen kunci dalam membangun kepercayaan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran komunikasi syariah dalam meningkatkan reputasi bisnis halal. Komunikasi syariah merupakan bentuk komunikasi yang berlandaskan pada nilai-nilai Islam, seperti kejujuran, keterbukaan, dan etika. Melalui pendekatan kualitatif dengan studi literatur dan observasi kasus, penelitian ini menemukan bahwa penerapan komunikasi syariah secara konsisten mampu memperkuat citra positif perusahaan, meningkatkan loyalitas konsumen, serta memperluas jangkauan pasar. Komunikasi yang transparan dan etis sesuai ajaran Islam tidak hanya menciptakan hubungan yang harmonis dengan konsumen muslim, tetapi juga membangun reputasi bisnis yang kuat dan berkelanjutan di tengah persaingan pasar global. Penelitian ini merekomendasikan agar pelaku bisnis halal mengintegrasikan prinsip komunikasi syariah dalam setiap aspek komunikasi perusahaan guna menciptakan keunggulan kompetitif yang berbasis nilai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

1. Firdaus, Firdaus. 2023. “Implikasi Sertifikat Halal Dalam Manejemen Bisnis Industri Makanan Dan Minuman.” At-Tawazun, Jurnal Ekonomi Syariah 11(02):39–54. doi: 10.55799/tawazun.v11i02.322.

2. Husnaini, Wahidatul, Elin Erlina Sasanti, and Susi Retna Cahyaningtyas. 2018. “Corporate Social Responsibility (CSR) Dan Reputasi Perusahaan.” Jurnal Aplikasi Akuntansi 2(2):1–9. doi: 10.29303/jaa.v2i2.22.

3. Lestari, Emilia Puji. 2024. “Pengaruh Branding Terhadap Kepercayaan Konsumen Pada Produk Halal.” 3(1):1–11.

4. Munawara, Munawara, Andre Rahmanto, and Ign. Agung Satyawan. 2020. “Pemanfaatan Media Digital Untuk Dakwah Pesantren Tebuireng.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 14(1):29–45. doi: 10.24090/komunika.v14i1.3226.

5. Mustafa. 2024. “URGENSI KOMUNIKASI ISLAM DALAM BERDAKWAH DI KALANGAN MASYARAKAT.” 3(1):1–7.

6. Priya Zenita, Berliana, and Putri Restuti. 2024. “Kepercayaan Konsumen Terhadap Produk Skincare Melalui Endorsement Dari Influencer Muslim Purchasing Confidence in Skincare Products Through Endorsements from Muslim Influencers.” EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 5(2):143–60.

7. Safana Salsabila, and Juliana Putri. 2025. “PELUANG EKONOMI DAN TANTANGAN REGULASI DALAM INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: SEBUAH ANALISIS STRATEGIS.” 04(01):23–40.

8. Ummah. 2019. “PENINGKATAN LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN DENGAN LAYANAN INTI (Suatu Pendekatan Konsep Islamic Marketing).” Sustainability (Switzerland) 11(1):1–14.

9. Zulfa, Nurhajijah, Nila Nur Millah, Nuratin Nuratin, and Kartika Novitasari. 2023. “Konsep Maqashid Syariah Dalam Praktik Strategi Pemasaran Tiktok Dengan Landasan Etika Bisnis Islam.” AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics 1(2):79–94. doi: 10.61553/abjoiec.v1i2.64.

Downloads

Published

2025-08-15

Citation Check