PERSEPSI MAHASISWA/I UIN SUNAN GUNUNG DJATI TERHADAP DAMPAK EVENT TANGGAL KEMBAR SHOPEE PADA PERILAKU KONSUMTIF
Keywords:
Perilaku belanja, Event tanggal kembar, Shopee, Mahasiswa, Konsumtif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung terhadap dampak event tanggal kembar shopee (seperti 9.9, 10.10, 11.11, 12.12) pada perilaku konsumtif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur dan wawancara mendalam terhadap beberapa mahasiswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa mengetahui dan memahami konsep event tanggal kembar sebagai strategi pemasaran yang menarik konsumen melalui diskon besar-besaran, gratis ongkir, dan cashback. Ketertarikan terhadap event ini dipicu oleh potongan harga dan berbagai promo yang dianggap menguntungkan. Sebagian besar mahasiswa mengakui bahwa mereka sering mengikuti event tersebut, bahkan beberapa di antaranya menunda pembelian agar dapat memanfaatkan promo pada tanggal tertentu. Jenis barang yang paling banyak dibeli adalah skincare, peralatan mandi, makanan instan, dan lainya. Event ini juga berdampak pada kebiasaan konsumsi mahasiswa, di mana terjadi peningkatan pembelian barang pada event dibandingkan hari biasa. Dari sisi finansial, event ini memiliki dampak positif, yaitu membantu menghemat pengeluaran, namun juga dapat memicu perilaku konsumtif jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk menerapkan strategi pengelolaan keuangan seperti membuat daftar belanja dan menentukan batas pengeluaran agar dapat berbelanja secara bijak.
Downloads
References
1. Alawiyah, T. (2023). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer review terhadap keputusan pembelian produk skincare pada event tanggal kembar (studi pada pengguna aplikasi Shopee). Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5(1), 5418–5426.
2. Alfitroch, U. A., Farida, E., & Rahman, F. (2022). Pengaruh iklan, promo gratis ongkos kirim, dan diskon terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online (studi kasus pada warga RT 8 Kelurahan Karangbesuki Kota Malang). e-Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 11(1), 71–78.
3. Amalia, R. D., & Wibowo, S. (2019). Pengaruh customer review dan promosi terhadap keputusan pembelian mie nyinyir pada aplikasi Shopee Food. e-Proceeding of Applied Science, 5(2), 571–579.
4. Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh fitur online customer review terhadap keputusan pembelian produk pada marketplace Shopee (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).
5. Kapriani, K., & Ibrahim, I. (2022). Analisis pengaruh diskon dan gratis ongkos kirim terhadap keputusan konsumen menggunakan layanan jasa Grab Food pada masa pandemi. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 2022–2395. https://doi.org/10.24843/bse.2023.v28.i02.p10
6. Tawasuli, L., & Kholifah., 2023, Korelasi Special Event Day Tanggal Kembar terhadap Minat Beli Masyarakat di Shopee. Journal of Digital Business and Management, 2(2), 91–96. https://doi.org/10.32639/jdbm.v2i2.401
7. Yulistiyani, N., Afwa, A., & Puspita, A. (2024). Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada Event Tanggal Kembar Shopee di Pekanbaru. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 18(1), 20–37. https://doi.org/10.35931/aq.v18i1.2971