Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa
Keywords:
Pemahaman Konsep Matematik, Kemampuan Berpikir KomputasiAbstract
Penelitian ini mengkaji pengaruh pemahaman konsep terhadap kemampuan berpikir komputasional. Sebanyak 122 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pematang Siantar diberikan penilaian esai tentang pemahaman konsep terhadap berpikir komputasional. Analisis tes menggunakan alat ukur AMOS versi 21 dengan Structural Equation Modeling (SEM). Penelitian ini menemukan bahwa kemampuan pemahaman konsep berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini berarti semakin tinggi kemampuan pemahaman konsep siswa maka semakin tinggi pula kemampuan pemecahan masalah siswa. Kemampuan pemahaman konsep berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung terhadap kemampuan berpikir komputasi melalui kemampuan pemecahan masalah, Hal ini berarti kemampuan pemecahan masalah mampu memediasi pengaruh kemampuan pemahaman konsep terhadap kemampuan berpikir komputasi.
Downloads
References
ri, M. 2020. Penilaian Kemampuan Computational Thinking. SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1 (2): 176-193.
Argawi, A. S. & Pujiastuti, H. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khawarizmi, Vol. 5(1).64-75
Asih. 2021. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Himpunan.Maju. Vol 8 (2), 9-16.
Bailey, D. H., & Borwein, J. M. 2011. Exploratory Experimentation and Computation. Notices Othe AMS, 58(10), 1410–1419.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. W. H. Freeman and Company
Barr, V., & Stephenson, C. 2011. Bringing Computational Thinking to K-12: What is Involved and What is the Role of the Computer Science Education Community?. Inroads, 2(1): 48–54.
Batul, F. A., Pambudi, D. S., & Prihandoko, A. C. 2022. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model SSCS dengan Pendekatan RME dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Komputasional. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(2), 1282.
Bocconi, S., Chioccariello, G.A., Dettori, A.F., Engelhardt, K., 2016. Developing Computational Thinking in Compulsory Education, Joint Research Centre (JRC).
Boom, K.D., Bower, M., Arguel, A., Siemon, J., Scholkmann, A., 2018. Relationship between computational thinking and a measure of intelligence as a general problem-solving ability. Annu. Conf. Innov. Technol. Comput. Sci. Educ. ITiCSE 206–211.
Bundy, A. 2007. Computational Thinking is Pervasive. Journal of Scientific and Practical Computing 1, No. 2, 67–69.
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. 2021. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siwa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4 (1), 215-224.
Chahyadi, F., Bettiza, M., Ritha, N., Rathomi, M., Hayaty, N., 2021. Peningkatan High Order Thinking Skill Siswa Melalui Pendampingan Computational Thinking. J. Anugerah 3, 25–36. https://doi.org/10.31629/anugerah.v3i1.3344
Cahdriyana, R., & Richardo, R. 2020. Berpikir Komputasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 11(1), 50-56.
Chan, S., Looi, C., & Sumintono, B. 2020. Assessing computational thinking abilities among Singapore secondary students: A Rasch model measurement analysis. Journal of Computers in Education,8(2), 213–236.
Christi, S, R, N. 2023. Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education,5(3),12590-12598.
Crossley, S. A., Weston, J. L., McLain Sullivan, S. T., & McNamara, D. S. (2011). The development of writing proficiency as a function of grade level: A linguistic analysis. In Written Communication (Vol. 28, Issue 3).
Corradini, I., Lodi, M., & Nardelli, E. 2017. Conceptions and Misconceptions about Computational Thinking among Italian Primary School Teachers. Proceedings of ICER ’17, Tacoma, WA, USA, August 18-20
Curzon, P., & McOwan, P. W. 2017. The power of computational thinking: games, magic and puzzles to help you become a computational thinker. New Jersey: World Scientific.
Dagiene, V., Sentance, S., & Stupuriene, G. 2017. Developing a Two-Dimensional Categorization System for Educational Tasks in Informatics. Informatica (Netherlands), 28(1), 23–44.